Jumat, 28 Februari 2014

USER EXPERIENCE INSTANT NESSAGING LINE


LINE merupakan aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai jenis smartphone, tablet, dan computer. Line difungsikan dengan menggunakan jaringan internet  sehingga pengguna line dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain - lain.

Jika Di lihat lebih dalam lagi Line merupakan aplikasi messaging yang dibuat oleh perusahaan NHN Corporation asal Korea Selatan. NHN Corporation juga mengoperasikan Naver, mesin cari online terbesar di Korea Selatan. Line diluncurkan pada 23 Juni 2011 oleh NHN cabang Jepang setelah terjadinya gempa bumi di Jepang. NHN Jepang menyadari kerusakan besar di sistem komunikasi dan menemukan bahwa layanan data akan bekerja lebih efisien.
Maka mereka memutuskan membuat aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone, tablet dan desktop untuk melakukan instant messaging secara gratis. Lalu darimana asal nama Line? Nama Line sendiri terispirasi dari antrean banyak orang di telepon publik setelah terjadi gempa terjadi.

Line dapat digunakan pada berbagai platform seperti ios, android, windows phone, blackberry OS bahkan komputer Mac OS X dan Microsoft windows. Line hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi line dapat didownload pada situs resmi line,blackberry App world, google play, App store, atau windows marketplace.

LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang kita. kita juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi kita. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan kita.

 LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:
Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.

Kelebihan yang di berikan LINE
Line menyediakan Blocked List sehingga anda dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam Line kontak anda.
Merupakan aplikasi lintas platform.
Dapat diinstall pada computer.
Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan anda, dan bisa digunakan.

Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti whatsApp
Line sama seperti WhatsApp, sama – sama menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya untuk saling berhubungan. Jika dibandingkan dengan aplikasi populer WhatsApp, line memang memiliki beberapa keunggulan.
Pertama, line memberikan layanan free call. Merupakan layanan telepon tanpa menggunakan pulsa, melainkan dengan koneksi data internet.
Kedua, grup yang dibentuk dalam aplikasi Line bisa menampung 100 anggota. Sementara WhatsApp  maksimal hanya 11 orang.
Dan yang membuat Line berbeda dari aplikasi IM lainnya. Adalah emoticon yang bervariasi. Walaupun banyak IM lainnya yang sudah menggunakan emoticon unik. Tapi tetap saja Line menjadi yang paling unggul dari aplikasi IM lainnya. Karena line yang pertama kali memperkenalkan emoticon seperti itu.
Ada emoji yang menggambarkan kepala dengan bermacam ekspresi, lalu emoticons berupa susunan karakter teks yang juga membentuk ekpresi, serta ada stickers. Nah, stickers ini yang cukup unik untuk line, karena gambar ikonnya lucu – lucu, berukuran besar dan lebih ekspresif.
Selain itu, line juga menyediakan layanan untuk memblokir seorang teman yang ada di kontak.
Sehingga menurut hasil analisis saya pantas saja Line merupakan aplikasi instant messaging terlaris di dunia, karena memiliki banyak keunggulan dan fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi instant messaging lainnya.









SUMBER :
http://www.makemac.com/sticker-untukmu-line-menjadikan-chat-lebih-akrab-dan-lucu/
http://www.kompinia.com/awal-penciptaan-line-kakao-talk-wechat-dan-whatsappapp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar